Kontribusi Prodi Sistem Informasi Widyatama dalam Mengembangkan UMKM di Pangandaran

Kontribusi Prodi Sistem Informasi Widyatama dalam Mengembangkan UMKM di Pangandaran

Minggu, 27 Maret 2017, Kepala Dinas Pariwisata & Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Ibu Hj. Ida Hernida, S.H.,M.Si. menggelar sosialisasi tentang sadar wisata dan sapta pesona dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat Dr. H. Anton Gustoni, M.Si. tentang diseminasi informasi publik pembangunan di Jawa Barat yang berlangsung di SMKN 1 Pangandaran.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh pejabat Pemerintah setempat, Ibu Bupati Pangandaran Ida Nurlaila, Wakil Bupati Pangandaran H. Adang Hadari, Ketua KPID Provinsi Jawa Barat Dr. Dedeh Faridah, M.Si., bahkan Ibu Gubernur Dr. Hj. Netty Prasetiyani Heryawan juga turut hadir dalam kegiatan tersebut. Selain itu juga para pelaku wisata dam seni di Kabupaten Pangandaran juga ikut hadir dan memriahkan acara tersebut, seperti salah satunya dari Desa Wisata Margacinta yang dalam kesempatan tersebut menampilkan Kesenian Badud Cijulang.

Sapta Pesona merupakan jabaran konsep sadar wisata yang terkait dengan dukungan dan peran masyarakat sebagai tuan rumah dalam upaya untuk menciptakan lingkungan dan suasana kodusif yang mampu mendorong tumbuh dan berkembangnya industri pariwista melalui perwujudan tujuh unsur dalam sapta pesona.

Aksi sadar wisata tersebut juga merupakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik Universitas Widyatama dimana mereka berkonstribusi dalam pembuatan Website Penginapan dan UMKM secara gratis.

Ketua Prodi Sistem Informasi Universitas Widyatama Dr. M. Rozahi Istambul, S.Kom., M.T. mengatakan Ada sekitar 550 Website yang telah dibangun di Provinsi Jawa Barat dan kunjungan ke Pangandaran ini merupakan kali kedua setelah sebelumnya dibuatkan 75 Website untuk UMKM dilingkup Pantai Pangandaran dan aplikasi website sistem informasi geografis Kabupaten Pangandaran tahun 2015, ujarnya.

Kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat ini lanjut Rozahi, akan dibuatkan sebanyak 150 website yang terdiri dari 80 UMKM dan 70 home stay di Pangandaran sehingga total yang sudah dibuat hingga saat ini adalah ada 700 website yang diberikan secara gratis tambahnya.