Home » Profil Singkat

Profil Singkat

 

Sejarah Pendirian

Program studi Sistem Informasi di Universitas Widyatama merupakan salah satu Program Studi (Jenjang S-1) pada Fakultas Teknik, di samping Program Studi Teknik Industri dan Teknik Informatika. Pada awalnya, Program Studi Sistem Informasi merupakan salah satu jurusan pada sekolah Tinggi Teknologi (STT) Widyatama yang diselenggarakan Yayasan Widyatama. STT Widyatama yang didirikan pada tahun 1995 dan mendapat status terdaftar dengan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 50/D/0/1996 tanggal 8 Agustus 1996.

Program Studi Sistem Informasi berdiri bersamaan dengan bergabungnya 4 (empat) Sekolah Tinggi, yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bandung (STIEB), Sekolah Tinggi Teknik Bandung (STTB), Sekolah Tinggi Bahasa Bandung (STBB) dan Sekolah Tinggi Desain Dan Komunikasi Visual (STDKV) menjadi sebuah Universitas, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 137/D/0/2001 tanggal 2 Agustus 2001 dengan nama Universitas Widyatama

Sebagai antisipasi terhadap globalisasi serta perubahan yang semakin cepat, Universitas Widyatama menetapkan sistem manajemen mutu dalam penyelenggaraan proses pendidikan. Perhatian Universitas Widyatama terhadap sistem manajemen mutu ini dilanjutkan dengan upaya mendapatkan sertifikasi standar mutu internasional. Dengan auditor PT TUV International Indonesia, Universitas Widyatama berhasil memperoleh Sertifikat ISO 9001:2000 pada tanggal 1 Mei 2003 dengan nomor sertifikat 01 100 023781 serta dilakukan penyempurnaan menjadi ISO 9001:2008.

 

Visi

Menjadi sebuah lembaga unggulan yang mempunyai kompetensi mengelola sistem informasi berbasiskan teknologi informasi, serta berkomitmen dan berperan dalam masyarakat wirausaha di Jawa Barat hingga 2013.

 

Misi

  • Mengupayakan terciptanya lingkungan yang kondusif dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar dan membangun keunggulan kompetensi program studi sesuai perkembangan teknologi informasi.
  • Terselenggaranya kegiatan penelitian berbasiskan teknologi informasi yang mengarah pada keilmuan bidang sistem informasi dan pemberdayaan masyarakat wirausaha.
  • Meningkatkan peran serta dosen dan mahasiswa ke arah pembinaan dan pendampingan masyarakat wirausaha agar mampu memanfaatkan teknologi informasi dalam mendukung proses bisnisnya agar mendapatkan keunggulan.

 

Tujuan

  • Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dan keahlian dalam menganalisa, merancang, dan menerapkan sistem informasi, berupa program aplikasi berbentuk stand alone, intranet, ataupun internet yang ditunjang dengan penguasaan perangkat lunak yang baik
  • Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan akademik dan atau profesional yang mampu menerapkan, menyebarkan, dan mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang terkait bidang Sistem informasi.
  • Mengembangkan pendidikan dan pengajaran bidang sistem informasi yang beretika.
  • Meningkatkan peran serta mahasiswa dan dosen dalam pemberdayaan masyarakat wirausaha melalui penerapan sistem informasi berbasis teknologi informasi.
  • Mengembangkan jaringan kerja sama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.