PRODI SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS WIDYATAMA GANDENG KOMUNITAS GEDEBAGE MARKET DALAM PELATIHAN DIGITAL MARKETING UNTUK USAHA KECIL MENENGAH (UKM)

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang tertuang dalam Keppres RI No. 19 Tahun 1998 sebagai kegiatan ekonomi rakyat pada skala kecil yang perlu dilindungi dan dicegah dari persaingan yang tidak sehat. Terkait dengan UMKM, Program Studi Sistem Informasi Universitas Widyatama Bandung bekerjasama dengan Komunitas Gedebage Market mengadakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat dengan memberikan pelatihan Digital Marketing bagi UMKM yang termasuk di komunitas Gedebage Market Kecamatan Gedebage pada hari Sabtu, 20 Februari 2021 yang dilaksanakan online melalui media virtual meeting google meet mulai pukul 13.00 WIB sampai dengan 15.30 WIB. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Gedebage Market, Fajar Diansyah, Founder Palapa Market, Royke B. Rizka, S.E.,M.M., dan Ka Prodi Sistem Informasi , Ir Sri Lestari, M.T.

Dalam sambutannya Ketua Gedebage Market, Fajar Diansyah mengucapkan terima kasih kepada Prodi Sistem Informasi Universitas Widyatama atas pelatihan digital marketing bagi UMKM di lingkungan Gedebage Market akan sangat bermanfaat, dan berharap dapat mendukung pemberdayaan UMKM di lingkungan Gedebage Market.

Kegiatan ini terlaksana berkat bantuan dana dari LP2M Universitas Widyatama Bandung. Dalam kegiatan ini , Program Studi Sistem Informasi melibatkan mahasiswa dan dosen. Dosen dilibatkan sebagai fasilitator untuk ?pemecahan masalah yang dihadapi UMKM terutama dalam pemasaran produk. Sebagian besar UMKM sudah menggunakan media digital seperti ?media social Instagram dan facebook, dan sudah memanfaatkan marketplace yang ada, bahkan memiliki marketplace sendiri bernama palapa market. Pada kesempatan ini peserta diberikan wawasan ?terkait workshop digital marketing. Kegiatan ini diikuti oleh 30 UMKM Gedebage Market, 15 orang mahasiswa dan 7 orang dosen Prodi Sistem Informasi.